Bagaimana Kita Keluar dari Keterpurukan: 5 Langkah Keluar dari Keterpurukan

Setiap dari kita pasti pernah (dan mungkin sedang) mengalami keterpurukan. Hal biasa yang akan terjadi saat impian atau tujuan kita tidak tercapai, atau, mungkin tercapai tapi tidak cukup memuaskan kita. Kehidupan yang berjalan dengan biasa-biasa saja juga dapat memberikan rasa bosan, dan ketika kita sudah berusaha untuk membuat sesuatu untuk lebih menggirahkan kehidupan, hasilnya hanya akan membuat kita kecewa. Hidup berjalan seperti biasanya, dan rasa keterpurukan semakin menjadi.

Penolakan dari dalam diri untuk berusaha mencoba lagi, memulai sebuah perjuangan tentu akan terasa berat. Kita mungkin berpikir untuk menyerah dan membiarkan kita dikuasai oleh keterpurukan, berusaha hidup dengannya. Tapi kita semua tahu, jika kita melakukannya, kita hanya akan menyia-nyiakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Sang Pencipta, yaitu: KEHIDUPAN.

Beberapa tips dibawah, mungkin dapat membantu anda untuk keluar dari keterpurukan:

1. Bersyukur. Kita sering merasa apapun yang kita dapat dalam kehidupan ini adalah kurang dan tidak berharga. SeringĀ  pula kita mengeluh tentang apa yang orang lain dapatkan dan punyai, dan apa-apa yang tidak kita miliki. Tapi apakah pernah kita evaluasi sejenak, berfikir betapa beruntungnya kita?. Orang lain pasti juga mengalami keterpurukan, dan bahkan sangat mungkin keterpurukan mereka lebih dalam daripada yang kita alami. Selalu lihatlah ke bawah setiap kita mengalami masalah, karena lebih banyak orang lain yang mendapat masalah yang lebih berat, dan mereka TIDAK MENYERAH untuk mengatasinya.

2. Fokus pada Satu Tujuan. Mungkin karena terlalu banyak tujuan yang ingin kita capai? terlalu banyak target-target yang harus kita selesaikan dalam satu waktu?. Hal-hal tersebut hanya akan menguras energi dan bahkan menguras juga motivasi kita. Kita bukan robot, yang dapat secara otomatis mengerjakan segala sesuatu tanpa mengeluh karena mereka bergerak atas dasar perintah yang sudah tersistem dalam “otak mereka”, dan bahkan robot atau mesin mempunyai ambang batas juga dalam bekerja. Bisa karena mesinnya terlalu panas, baterai habis atau mungkin sudah harus turun mesin. Berfokus pada satu tujuan, satu target, MENGKONSENTRASIKAN ENERGI DAN MOTIVASI kita padanya, kemudian berjuang untuk mencapainya dengan usaha sebaik yang kita bisa lakukan. Dan setelah kita dapat mencapainya, kita dapat beralih ke tujuan atau target kita selanjutnya.

3. Memulai dengan Langkah Kecil, Kesuksesan Kecil. Saat mencoba untuk memulai sebuah perjuangan, mungkin akan terasa berat pada mulanya. Kenapa hal itu bisa terjadi? mungkin karena kita terlalu ambisius dalam memikirkannya, langsung memasang target besar untuk dicapai. Sebagai misal kalau anda seorang penulis, anda tidak dapat memasang target langsung menyelesaikan cerita anda dalam sehari ketika anda memutuskan untuk menulis lagi dan mengharapkannya untuk langsung diterbitkan dan sukses. Anda dapat mencoba untuk menyelesaikan satu halaman setiap harinya, mengevalusi dan menyempurnakannya. Setiap halaman atau langkah kecil yang anda lakukan adalah kesuksesan. DAN SETIAP KESUKSESAN KECIL YANG ANDA PEROLEH AKAN TERAKUMULASI MENJADI KESUKSESAN BESAR, ketika anda menyelesaikannya menjadi sebuah buku.

4. Selalu Termotivasi. Motivasi dapat datang dari mana saja. Dari diri kita sendiri (bisa dengan selalu mengingat cita-cita kita), buku, blog, seminar, keluarga, saudara, teman, atau bahkan rival kita. Selalu termotivasilah karena MOTIVASI ADALAH ENERGI KEHIDUPAN ANDA.

5. Bersabar. Ketika kita sudah melakukan apa saja yang kita dapat lakukan, mencurahkan segala energi dan motivasi kita untuk itu, langkah berikutnya adalah menunggu sampai apa yang kita inginkan akan terwujud. Percayalah bahwa ALLAH ITU MAHA MENGETAHUI DAN MAHA ADIL, yang tidak mungkin akan membiarkan hambaNya telah berusaha keras dan tidak mendapatkan apa-apa pada akhirnya. Bersabarlah, karena barang siapa bersabar dia akan beruntung. Dan segera, anda akan mengucapkan selamat tinggal pada keterpurukan.

2 pemikiran pada “Bagaimana Kita Keluar dari Keterpurukan: 5 Langkah Keluar dari Keterpurukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s